Alamat, Nama Rubrik dan Jumlah Honor Menulis di Media (Terbaru)

Alamat Email Media Masa dalam tulisan ini sudah di up date tanggal 27 April 2013. Untuk UPDATE TERBARU bisa anda lihat di sini

****
Ada banyak kesempatan untuk menulis di media sebagai salah satu ajang aktualisasi dan apresiasi di dunia menulis. Hampir semua media menyediakan rubrik untuk publik. Yang paling umum adalah rubrik opini (bisa dengan nama lain untuk sejumlah media), cerpen, puisi, dan resensi buku.

Bagi seorang penulis "alamat email media masa" dan rubrik-rubrik tersebut sangat dibutuhkan. Pengiriman karya melalui email jauh lebih efisien dibanding dengan menggunakan surat pos. Di internet sebenarnya sudah banyak sekali situs yang menyediakan "alamat media", tetapi dari pengamatan saya, masih banyak email media yang tidak dituliskan (sebagian orang ada yang  merahasiakannya karena takut terasingi). Pada postingan ini, saya ingin berbagi berkaitan dengan alamat-alamat email media beserta nama rubriknya. Selain itu juga menyangkut soal berapa honor yang akan diterima jika tulisan kita dimuat. 

Sebelum itu, yuk kita tonton dulu video ini biar tambah semangat:



Subcribe ya:





Nama media, rubrik, alamat email dan perkiraan jumlah "honor pemuatan artikel" yang tercantum di sini saya tulis berdasarkan sejumlah sumber (salah satunya adalah FB Qadriea Ku Warastra)  dan pengalaman saya sebagai seorang penulis lepas:

Alamat, Nama Rubrik dan Jumlah Honor Menulis di Media (Terbaru)

alamat kirim puisi cerpen opini

Kompas (www.kompas.com)

Kompas termasuk media yang memiliki begitu banyak rubrik untuk masyarakat. Selain opini, ada rubrik lain yang bisa dicoba seperti Teroka dan Teropong. Bedanya, jika rubrik opini muncul setiap hari, rubrik-rubrik lain ada yang tiap satu atau dua minggu. Ada juga rubrik cerpen dan puisi yang muncul setiap hari minggu. Untuk rubrik Cerpen konon sekarang (sampai juli 2011) di asuh oleh Putu Fajar Arcana, sementara untuk rubrik Puisi di asuh oleh Hasif Amini. 
Alamat email: opini@kompas.co.id / kompas@kompas.com / kompas@kompas.co.id. 
"Honor pemuatan artikel" Kompas konon rata-rata di atas satu juta.

Jawa Pos/Indopos (www.jawapos.com)
Ada beberapa rubrik yang bisa dicoba: “opini”, “ruang putih (esai budaya)”, “di balik buku”, “cerpen”, “puisi” dsb..
Alamat email untuk opini: opini@jawapos.co.id. 
Untuk cerpen, puisi, dan ruang putih kirim ke ariemetro@yahoo.com. Untuk resensi kalau tidak keliru kirim ke ttg@jawapos.co.id atau coba dikirim ke ariemetro@yahoo.com danCC ke ari@jawapos.co.id. Dan untuk Rubrik  jawapos For Her, bisa ke alamat ini forher@jawapos.co.id
Resensi buku jangan lupa disertai foto penulis dan cover buku.
Seputar Indonesia (www.seputar-indonesia.com)
Alamat : redaksi@seputar-indonesia.com. Ada Opini (muncul setiap hari). Sayangnya koran ini sudah tidak lagi memunculkan cerpen dan puisi. Hanya tinggal Resensi yang terbit setiap hari Minggu saja). Untuk cerpen kirimkan ke donatus@seputar-indonesia.com /

.
"Honor pemuatan artikel" resensi buku 200 ribu. Honor Opini sekitar 400 ribu.

Lampung Post (www.lampungpost.com):
Untuk Esai Budaya/Sastra dan Puisi: lampostminggu@yahoo.com
Honor pemuatan arikel Opini 200 ribu, Cerpen 200 ribu

Media Indonesia (www.media-indonesia.com):
(Panjang resensi buku maximal 800 kata. Begitu juga dengan Opini. Saat kirim lebih baik semua email dikirimi.
Honor resensi buku dan Opini 400 ribu. Nama Kolom Resensi Buku-nya: Bedah Pustaka)

Ohya, Media Indonesia juga kembali memunculkan rubrik Cerpen dan Budaya yang terbit setiap Minggu. Kirimkan karya anda ke email ini:

Honornya lumayan lho, 700.000 - 1 juta. 

Bisnis Indonesia
(Biasanya tulisan yang nyerempet soal bisnis dan ekonomi. Honor sekitar 300 ribu)

Pikiran Rakyat (www.pikiran-rakyat.com) (Jawa Barat):


Untuk Kolom Opini: opini@pikiran-rakyat.com  
Honor Opini sekitar  300 ribu. 
Honor resensi buku  200 ribu.
Honor Cerpen: 300 ribu
Honor Puisi: 200-300 ribu (tergantung berapa puisi yang dimuat)

Koran Tempo (www.korantempo.com)
Untuk Kolom Opini: koran@tempo.co.id
Untuk Resensi Buku, Esai Sastra dan Puisi kirim ke:
Honor cerpen sekitar 700 ribu, Opini sekitar 600 ribu. Resensi buku honor 400 ribu.

Umail utama: sekretariat@republika.co.id . Email tersebut bisa digunakan untuk kirim opini, cerpen. Tapi khusus untuk cerpen karya anda bisa di CC ke email aliredov@yahoo.com. Republika kadang-kadang memuat cerpen juga. Tapi cuma Kadang-kadang, setahun sekali tidak mesti. Ohya, jangan lagi mengirim cerpen/ puisi ke email ahmadun21@yahoo.com, karena dengar-dengar Pak Ahmadun Yosi Herfanda sudah tidak lagi di Republika. 

Direpublika juga ada rubrik Guru Menulis. Kirimkan ke : akademia.republika@yahoo.com dan cc kan ke email utama. 
Kalau cerpen/opininya dimuat kira-kira honornya Rp.400.000, tepatnya 376.000 setelah di potong pajak. Sementara honor rubrik Guru Menulis sebesar kurang lebih 200ribu. Tetapi sayang, ini koran kadang agak lama mengirimkan honor, lebih dari sebulanlah. Tapi, pasti di kirim. Jika belum di kirim silahkn baca artikel saya Cara Mengambil Honor di Media .

Khusus cerpen, dan puisi bisa langsung di kirim ke alamat redakturnya, Bang Ami Herman: amiherman@yahoo.com
Rublik budaya (puisi, cerpen, catatan budaya) muncul setiap hari sabtu, cek saja web-nya, suara karya biasanya disiplin posting.


Nah, Honor pemuatan arikel untuk Cerpen, Puisi dan Opini adalah 150 ribu. Mungkin sudah naik, entahlah.

Suara Pembaruan (www.suarapembaruan.com):
Semua jenis tulisan dikirim ke email itu. Ada Kolom Opini, Resensi Buku, Puisi dan Cerpen. Honor cerpennya 400 rb, puisi 300 rb, resensi 150 ribu (lumayan gede lho, meski tentu dipotong pajak). Dulu ada email budaya@suarapembaruan.com untuk kirim cerpen dan puisi tetapi sepertinya email tersebut penuh dan tak lagi dipakai. 

(Setiap hari ada Kolom Opini (namanya Gagasan) dan resensi buku (Perada). "Honor pemuatan arikel" 400 ribu untuk Opini, Resensi buku 280 ribu. Kalau mau dimuat, biasanya ditelfon terlebih dahulu.

Suara Merdeka (www.suaramerdeka.com)
Email umum: naskah@suaramerdeka.info dan wacana_nasional@gmail.com (untuk opini nasional) dan wacana_lokal@gmail.com untuk opini isu lokal. Sementara untuk cerpen dan puisi kirim ke: swarasastra@yahoo.com 
Ini koran Jawa Tengah lho, tetapi sangat terbuka bagi semua penulis dari luar Jateng. Bahkan sebagian besar karya khususnya cerpen dan Puisi didominasi oleh penulis luar Jateng. 
Honor cerpen sekitar 400rb, puisi 300 rb, resensi 200 ribu, opini wacana lokal kayaknya juga 200 rb, dan wacana nasional sekitar 400.000.

Di jawa tengah juga ada tabloid yang namanya CEMPAKA MINGGU INI, terbit setiap jum’at. Ada rubrik cerpen, bisa dikirim ke sontrotku@gmail.com. Honornya Rp.150.000. sayang, tabloid ini tidak ada web nya, jadi kalau tulisan kamu dimuat kadang tidak ngerti. Tapi tetap cantumkan nomor rekening, insya Allah honor tetap dikirim kok. Jika tidak, saya punya nomor bagian keuangannya. Boleh minta kok. :)

Kedaulatan Rakyat (www.kr.co.id)
Tiap minggu menampung cerpen, puisi, cerkak, cerita anak, resensi buku. Yang saya jelas tahu adalah email untuk kirim puisi dan cerpen ke kedaulatan Rakyat, yaitu: jayadikastari@yahoo.com. Nah, Honornyanya biasnaya berbeda-beda, kayaknya redakturnya menentukan honornya. Ada penulis kaya Mahwi Air Tawar cerpennya mendapat honor Rp.400.000, saya sendiri pertama kali puisi dimuat di koran ini dihargai Rp.100.000, cerpen pernah dapat honor Rp.250.000. Tapi sekarang sudah naik. Alhamdulillah. 
Kirim cerpen ke KR jangan panjang-panjang, cukup sekitar 5000 karekter saja. Dan biasanya, KR senang dengan cerpen/puisi dengan tema yang aktual.


KR, meskipun punya situs, tapi tak pernah memposting cerpen dan puisinya. Kenapa ya?

Minggu Pagi 



Kantornya di dekat KR, masih satu group. Untuk mengirim cerpen, puisi, essai sastra dan budaya kirim ke redakturnya, Mas Latief Noor Rochmans (semoga tidak salah tulis): we_rock_we_rock@yahoo.co.id . Emailnya aneh ya, dan memang beliaunya senang lagu rock. Hehe...

Honornya Minggu Pagi sudah naik lho. Cerpen: 150.000, puisi (tergantung berapa puisi yang dimuat), kalo satu kolom untuk puisi diisi hanya puisi kita maka honornya sekitar Rp.100.000. Oya, cara koran yang terbit seminggu sekali tiap Jumat ini menghargai tulisan juga sama seperti KR, masing-masing penulis berbeda2 honornya.

Tabloid NOVA
Email Untuk Kirim Cerpen Ke Nova tidak ada perubahan, masih bisa dikirim kirim ke nova@gramedia-majalah.com. Honornya Rp. 400.000.

HALUAN (Padang)
Cerpen dan Puisi kirim ke nasrulazwar@yahoo.com . Kata Esya Tegar Putra, honornya mencapai Rp.200 ribu. Honor Puisinya Rp. 100.000

Padang Ekspress
Cerpen dan puisi kirim ke: yusrizal_kw@yahoo.com (Padang Ekpress Redaktur) dan ke
cerpen_puisi@yahoo.com. Sejak tahun ini (2013) Padang ekspess penaikkan honor cerpen menjadi 125 ribu.) Bagi kawan-kawan yang dimuat teman yang ada di Padang untuk minta bantuan mengambilkan honornya, karena koran ini jarang2 mentransfer honor penulis. Yang jelas, jangan sampai lupa tanggal pemuatannya.Atau bisa minta nomor bagian keuangannya sama Kawan Yetti AKa. Cari saja FB-nya, beliaunya baik kok. Pasti mau bantu. :)

HARIAN SINGGALANG (Padang)
Honor sekitar Rp. 50.000
Lumayanlah buat beli udud.
:)

Majalah Horison


Kirim cerpen ke Majalah Horison bisa lewat horisoncerpen@gmail.com, honornya 300 rb
Kirim puisi ke majalah horison ke: horisonpuisi@gmail.com, honornya tergantung berapa puisi yang dimuat.
Kalau tulisanmu dimuat di HORISON, maka akan dikirim sampel majalahnya, jadi, sertakan alamat jelas. kadang-kadang honor juga dikirim lewat wesel, jadi tidak nyantumin rekening tidak masalah.

Selain media di atas, ada beberapa media yang saya tidak tahu persis jumlah honornya, tapi sepertinya berkisar di angka Rp.200.000,-. Ini dia:



(Radar Tasikmalaya)





(Redaktur Sastra Radar Tasik)





(Jurnal Medan untuk cerpen dan Puisi)



(Redaktur Analisa untuk cerpen dan Puisi)
Jurnal Nasional
Honor 400.000

JURNAL CERPEN INDONESIA
Memuat cerpen dan artikel:
jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com
Honor sekitar 250.000, mungkin sudah naik.
 
Majalah Alia

Majalah Bobo

Harian Surya Surabaya

Majalah Mayara Surabaya
cerpenmajalahmayara@gmail.com (cerpen, jangan lupa lampirkan foto)

Radar Semarang, Esai untuk Kolom UNTUKMU GURUKU setiap hari Minggu, kirim ke:

Majalah Esquere
redaksi@esquire.co.id (Majalah Esquire)
cerpen@esquire.co.id (Cerpen Majalah Esquire)

Majalah Kartini

Majalah Story,
memuat banyak cerpen remaja, kirim ke:


JOGLO SEMAR:


Honor 150.000

SURABAYA POS:

Rubrik Cerpen: 
 redaksi@surabayapost.info, surabaya_news@yahoo.com, zahira@yahoo.com
  Honor 150rb

RADAR SURABAYA:
Rubrik Cerpen:
Honor Rp. 200.000

BERITA PAGI:
Cerpen:

Honor 100rb

alamat email untuk kirim cerpen puisi opini ke koran

 Catatan Tambahan :

1. Untuk Rubrik Opini, secara umum tulisan berkisar 700-850 kata.
2. Tulisan bisa dimuat satu hari setelah kirim, satu minggu, dua minggu atau bahkan dua bulan setelah kirim, umumnya juga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
3. Selain actual, kenali karakter media dengan sering mengunjungi webnya masing-masing.

Kalau kemudian tulisan kita dimuat, dan honor tak kunjung dikirim, memang tidak ada salahnya kita menghubungi sekretariat atau bagian keuangan media tersebut untuk menagih hak kita. Tapi, yang jelas berkarya ya berkarya.... jangan dipusingkan masalah honor tulisan.

Saya harap anda juga berkenan memberikan tambahan informasi mengenai "alamat email media" dan jumlah "honor pemuatan artikel", karena waktu terus bergulir dan banyak hal yang berubah.

Salam kreatif!


Nb. 

Tentang Cara mencairkan honor tulisan di media anda bisa baca posting berikut:



Ohya, ada blog yang juga mengabarkan informasi lowongan menulis
Silahkan kunjungi saja, semoga bermanfaat. 
Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan. tapi mohon baca juga komentar-komentar sebelumnya ya, barangkali pertanyaan yang ingin anda sampaikan sudah ada jawabannya
terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

185 comments

comments
Anonim
6 Mei 2011 pukul 13.53 delete

syarat kirim cerpen ke jawa pos apa ya ? tolong jawab ya ?

Reply
avatar
6 Mei 2011 pukul 21.33 delete

syaratnya sama dengan media-media lain. tinggal kirim ke alamat di atas, tulis subyek (cerpen) beri kata pengantar, dan file cerpen plus biodata narasi yang dilampirkan.
Jawapos bahkan biasanya memuat cerpen yang lebih panjang dari koran-koran lain karena ruangnya kadang2 sampai satu halaman penuh. nah, kalau cerpen anda dimuat, biasanya Redaktur (Mas Arief SAntoso) akan SMS ke Hape Anda. begitu, Saudaraku....

selamat berkarya!

Reply
avatar
28 Mei 2011 pukul 00.23 delete

masih valid email2 nya mas?

makasih ya infonya

Reply
avatar
28 Mei 2011 pukul 09.32 delete

insyaAllah masih valid,
yg tertulis di situ adalah email2 yang terbaru...

Reply
avatar
27 Juni 2011 pukul 00.31 delete

kabar terbaru: untuk email kirim cerpen ke Jawa Pos, tidak lagi pakai email ariemetro@yahoo.com. sebab, dengar-dengar dari kawan, Mas Arief Santoso sekarang sudah pindah jadi pimred di harian Jogja Raya.

begitulah...email media terus mengalami perubahan seiring pergeseran para penjaga gawang. harap maklum!

Reply
avatar
Anonim
18 Juli 2011 pukul 09.45 delete

Wow! info yang sangat memabntu dan bermanfaat. terima kasih Mas,

Reply
avatar
Anonim
21 Juli 2011 pukul 19.17 delete

sangat beeeeeeeermanfaat. makasih!!! ^_^

Reply
avatar
Anonim
23 Juli 2011 pukul 07.08 delete

kalau mau ngirim cerpen, puisi dan opini ke kompas, kemana ya mas??

Reply
avatar
Anonim
23 Juli 2011 pukul 07.10 delete

alamat pengiriman cerpen atau puisi ke kompas ada ga mas?

Reply
avatar
23 Juli 2011 pukul 09.33 delete

untuk alamat pengiriman opini, cerpen, dan puisi ke kompas sudah tercantum di atas..opini@kompas.co.id. tapi juga ada yang nyaranin di CC ke opini@kompas.com/kompas@kompas.com.
salam Mas ANONIM.

Reply
avatar
23 Juli 2011 pukul 13.47 delete

Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat....mau nanya nih,,,,ada info nggak mengenai berbagai nama redaktur yang mengang sastra di koran -koran itu?...ya gunanya untuk nulis surat pengantar ketika mengirim cerpen lewat email...misal

Kepada : Myrna Ratna, Redaktur Non Berita Kompas

Reply
avatar
25 Juli 2011 pukul 09.13 delete

mengenai redaktur koran, ada beberapa yang saya tahu..itu sudah saya sebutkan di atas..
tapi sebenarnya, penyebutan redaktur saat pengiriman karya tidak begtu penting menurut saya. selain itu, redaktur sastra koran berganti-ganti dan kadang kita ketinggalan informasi. begitu, sahabat. salam erat

Reply
avatar
Rudy Sitohang
28 Juli 2011 pukul 08.50 delete

Benar-benar blog sejati mas....Saya mau tanya mas,bukan menyangkut teknis alamat, rubrik dan jumlah honor, melainkan motivasi mas membagikan informasi ini?....Kenapa saya tanya gitu, karena ketika saya masih baru-baru menulis di media,saya sering berkorespondensi melalui email atau fb menanyakan alamat serta persnyaratan menulis cerpen di media. Tapi ternyata penulis yang saya ajak korespondensi itu rata-rata 'pelit' membagikan informasi seperti ini.Saya harus mati-matian mendapatkan informasi seperti ini pada masa lalu.....sukses buatmumu mas...:-))

Reply
avatar
28 Juli 2011 pukul 18.27 delete

Terimakasih ya infonya sgt berguna untukku, setelah sekian lama berhenti menulis, tiba-tiba aku bersemangat lagi untuk berkarya. Oh ya, bukankah pengiriman via pos lebih di utamakan ketimbang via email(bagaimana menurut anda?), seneng banget kalo di sini juga ditambahin alamat2 kantor dari redaksi...

Reply
avatar
29 Juli 2011 pukul 01.32 delete

Terimakasih banyak. Info yg sangatsangat brilian.

Reply
avatar
29 Juli 2011 pukul 09.40 delete

terimakasih Bang Rudi Sitohang...
Apa motivasi saya membagikan informasi ini tiada lain untuk membantu kawan-kawan penulis, khususnya mereka yang karyanya ingin nongol di media. Saya juga pernah mengalami apa yang dialami Anda Bang Rudi, maka dengan itu saya ingin orang lain tidak mengalami kesulitan yang sama seperti dalam menyebarkan karyanya seperti yang saya alami dulu.
semoga bermanfaat. terimakasih..

Reply
avatar
29 Juli 2011 pukul 09.49 delete

Saudara Rieha...
Terimakasih juga atas kunjungannya...
Tentang alamat pos media memang sengaja tidak saya cantumkan disini, sebab di era digital seperti sekarang ini sudah SANGAT jarang yang sudi menerimaka karya lewat surat pos. Selain harus mengetik ulang, mungkin juga karena dari segi pengirim karya kian sedikit. Untuk koran kedaulatan Rakyat mungkin masih menerima karya dlm bentuk print out, khususnya resensi buku, cerita anak, geguritan, opini (saya kurang tahu alamat email KR untuk rubrik itu), tetapi kalo untuk cerpen bisa langsung di kirim ke alamat redakturnya. Kompas juga masih menerima karya lewat pos dan biasanya akan dikembalikan jika tidak layak muat. Cempaka Minggu Ini dulu lewat pos tp sekarang lewat email. media-media lain juga begitu. jadi memang lebih efisien (murah dan mudah) dan praktis mengirim karya lewat email ketimbang pos...oya, untuk alamat-alamat media sudah banyak blog/web yang mempublishnya.
salam

Reply
avatar
29 Juli 2011 pukul 09.50 delete

terimakasih kembali mas Abd. Rahman...
salam erat

Reply
avatar
akh. aji
29 Juli 2011 pukul 20.20 delete

trim's infonya rekan guru......

Reply
avatar
Anonim
1 Agustus 2011 pukul 21.40 delete

blog yang keren. email medianya sangat lengkap, plus email pribadi editor sastra / budayanya. Semoga sukses dalam berlomba. Percayalah, apa-apa yang Anda posting ini begitu berarti bagi kami-kami yang memerlukan.

Salam Kemilau

Herdoni Syafriansyah

Reply
avatar
1 Agustus 2011 pukul 23.41 delete

terimakasih atas kunjungan dan supportnya MAs Herdoni...
email redaktur memang penting juga untuk diketahui, karena dengar-dengar ada beberapa redaktur yang jarang mengecek email resmi media yang diasuhnya. hehe...
kemilau pelangi deh...

Reply
avatar
Anonim
3 Agustus 2011 pukul 13.27 delete

terimakasih sekali atas info ini....

Reply
avatar
3 Agustus 2011 pukul 21.01 delete

kalau ada email yang tidak bisa dikirimi/gagal, mungkin karena email itu penuh/tak dipakai lagi.

oya, kl ada info lain seputar alamat email media, bisalah dibagikan di sini, biar lebih manfaat. tidak ada sejarahnya orang miskin gara-gara ia senang berbagi.
salam

Reply
avatar
3 Agustus 2011 pukul 22.40 delete

ada info baru dari lakonhidup.wordpress.com

Jawa pos bagian “for her” juga menerima cerpen, khusus untuk siswi smp dan sma. E-mail nya jawaposforher@jawapos.co.id

Reply
avatar
6 Agustus 2011 pukul 16.26 delete

terimakasih banyak yaaaa... infonya sungguh membantu :D

Reply
avatar
Anonim
9 Agustus 2011 pukul 10.35 delete

lalu apa saja yang harus dilampirkan kalau mau mengirim puisi?
Lalu sekali kirim minimal/maximal berapa judul puisi?

Reply
avatar
10 Agustus 2011 pukul 14.19 delete

Waaaa, Subhanallah, terima kasih. Informasinya benar-benar sangat bermanfaat sekali... :)

Reply
avatar
Anonim
10 Agustus 2011 pukul 16.12 delete

Saya mau tanya dong, Mas. Kalau mengirim email biasanya isinya apa aja? Maksud Saya tidak mungkin isinya hanya cerpen atau puisi saja, kan?

Saya juga ingin berbagi informasi. Saya pernah mengirim cerpen ke majalah teen, honornya 400rb. Alamat e-mailnya saya lupa, tapi bisa dikirim ke Jl Guru Mughni No 2, Karet Kuningan, Jakarta 12940

Reply
avatar
10 Agustus 2011 pukul 21.19 delete

apa saja yang harus dilampirkan saat mengirim puisi? jawabannya, sama ketika anda mengirim cerpen/ opini. ditambahi foto malah lebh lengkap. berapa puisi? sebenarnya tidak ada batasan, tetapi standarnya 6-10, kalau puisi itu puisi yang panjang (1/2 atau 1 halaman).
semoga manfaat.

Reply
avatar
10 Agustus 2011 pukul 21.28 delete

terimakasih sudah berkunjung mbak Ekasati...

dan tentang isi email, tentu pertama adalah subyek email. kalau kirim puisi maka tulislah, misal, "Kirim 10 Puisi" atau yang lain. kemudian di badan email, tulislah kalimat pengantar, misal, "salam horma, bersama ini saya kirimkan 10 puisi semoga bisa dimuat di Kompas. demikian"
lalu lampirkan artikel yang akan kita kirimkan dalam satu file yang dibawahnya sudah ada biografi pengarang dan lengkap dengan nomor rekening. jika perlu foto, maka lampirkan pula.
oya, terimakasih atas tambahan infonya ya...

salam

Reply
avatar
17 Agustus 2011 pukul 07.07 delete

Mas, tolong kasih info emailnya SM rubrik Opini yang baru ya. Katanya ganti masalhnya. Kata temen wacana.nasional@gmail.com. Bener gak itu? Thnk

Reply
avatar
17 Agustus 2011 pukul 22.04 delete

Mas Heri, sebelumnya terimakasih sudah berkunjung.
coba nanti saya carikan informasi Mas. setahuku email yang itu, wacana_nasional@gmail.com (pake garis bawah bukan titik)

salam

Reply
avatar
17 Agustus 2011 pukul 22.08 delete

Oya, kawan-kawan ada tambahan informasi...
bagi yang berminat kirim cerpen dan puisi ke Harian Joglo Semar (jogja) bisa dikirim ke email berikut: harianjoglosemar@gmail.com

honornya Rp. 150.000

salam

Reply
avatar
26 Agustus 2011 pukul 23.03 delete

termah kasih untuk infonya...
semoga bermanfaat....

Reply
avatar
27 Agustus 2011 pukul 18.27 delete

Sahabat Kunto dan Tnpy, salam ...semoga info itu manfaat dan memacu kita untuk berkarya.t dan memacu kita untuk berkarya.

Reply
avatar
1 September 2011 pukul 22.51 delete

kayaknya akUu harus LebiH semangat Nulis Niii...
makasih bYk iNfonya sangat membantuu..


GooD LUck....^^

Reply
avatar
Anonim
2 Oktober 2011 pukul 20.51 delete

really usefull... thanks anyway... may Allah always bless on every steps u do :)

Reply
avatar
Anonim
12 Oktober 2011 pukul 17.03 delete

bagaimana kita thu majalah kita susah diterbitkan atau tidak karena disini ada beberapa majalah yang tidak diterbitkan di kota saya ?

Reply
avatar
12 Oktober 2011 pukul 21.35 delete

nah, itu dia gan. ada beberapa majalah yang memang akan mengabarkan kalau karya kita dimuat, seperti Femina, Esquire, Horison dan Ummi (akan mengirim bukti pemuatannya), tadi ada juga yang tidak mengabarkan sama sekali. kl sudah tidak ada yang mengabarkan kalau karya kita dimuat, ya sudah, paling2 kita tidak punya arsipnya, tetapi biasanya mereka tetap mengirimkan honornya.

Reply
avatar
Anonim
18 Oktober 2011 pukul 23.50 delete

maksih gan
salm sastrawan indonesia yahya,,,
aku semakin suka menulis

Reply
avatar
Anonim
19 Oktober 2011 pukul 00.51 delete

gan misal ditolak dapat balesan emailkah?

Reply
avatar
saprol
19 Oktober 2011 pukul 04.18 delete

sekarang, untuk banyaknya karakter dalam menulis cerpen untuk dikirim ke kompas, berapa ya?
karena, akhir-akhir ini cerpen koming, sering hanya tiga halaman (tidak sampai 10ribu karakter)

Reply
avatar
Anonim
19 Oktober 2011 pukul 11.31 delete

gmna kalo puisi ditolak,,dikembalikan atau tidak,,,?
pemberitahuan diterima atau tidak paling lamabat kapan mas?
yah

Reply
avatar
19 Oktober 2011 pukul 21.26 delete

syukurlah, kian hari kian banyak yang suka nulis. Semisal karya ditolak/tidak layak muat/tidak dimuat, tidak semua koran memberitahukannya. setahuku cuma kompas yang rajin mengirim penolakan karya, itu pun kadang2 tidak. untuk cerpen kompas minggu, maksimal 10 ribu karakter gan. itu kutahu dari balasan email kompas.

Reply
avatar
24 Oktober 2011 pukul 09.26 delete

informasi anda mudah2an bermanfaat buat semua yg memerlukan informasi seperti yang di tulis diatas.terimakasih semoga bermanfaat... buat semua

Reply
avatar
2 November 2011 pukul 14.02 delete

lam kenal, aku hoby nulis ni tapi bagai mana mengetahui kalau tulisan kita dimuat apa tidak ? trus kalau tulisan kita dimuat dan kita tidak mengetahuinya apakah kita tetap akan mendapatkan honor ? terimakasih pencerahanya

Reply
avatar
11 Desember 2011 pukul 23.59 delete

Terima kasih. Saya simpan alamat-alamat ini dengan rapi, dan mungkin juga akan dilaminating :-)

Reply
avatar
13 Desember 2011 pukul 22.34 delete

semoga manfaat! salam erat semuanya.

Reply
avatar
26 Desember 2011 pukul 09.29 delete

Sudah 5 cerpen dan 2 artikel saya telah dimuat Radar Mojokerto (Grup Jawa Pos) tapi satupun tak ada honornya. Tapi kepuasan batin melebihi segalanya bila tulisan dimuat. Makasih Infonya. Kunjungi blog say dong!

Reply
avatar
28 Desember 2011 pukul 07.15 delete

wah...coba dihubungi bagian sekretariatnya, Mas Haris. siapa tahu ada...

oya, kawan-kawan, dengar-dengar email Suara Merdeka untuk cerpen dan Puisi sudah ganti, bukan lagi swarasastra@gmail.com, tapi sastra@gmail.com.

Reply
avatar
Anonim
29 Desember 2011 pukul 11.31 delete

,,siiip, atas infonya.
sjak masih es-de, aku dah nuliiiiiiiiiis terus, tpi kenapa ya, selalu gak mampu nembus koran-koran, suliiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttt

Reply
avatar
Anonim
2 Januari 2012 pukul 09.41 delete

kirim puisi ke jawa pos, alamat emailnya apa,mas?
ada yag , dos, satra atau yg mana?
sblmnya trmksh

Reply
avatar
4 Januari 2012 pukul 09.23 delete

dulu memang yang dos itu, tapi sekarang sudah ganti yang "sastra"...
...

Reply
avatar
Anonim
4 Januari 2012 pukul 22.30 delete

Hai..salam kenal. blog mas seperti sebuah jawaban dari doa saya ma kasih ya...

Reply
avatar
arine
4 Januari 2012 pukul 22.34 delete

Assalamualaikum, terima kasih ilmunya ya mas Guru..

Reply
avatar
5 Januari 2012 pukul 09.06 delete

oya, ini ada alamat baru:
Rubrik FOr Her Jawa Pos: kirim ke, jawaposforher@jawapos.co.id
dan artikel2 koran kedaulatan rakyat bisa juga dikirim ke,
naskahkr@gmail.com

Semangat!

Reply
avatar
Anonim
11 Januari 2012 pukul 07.29 delete

format pesannya gimana?

Reply
avatar
11 Januari 2012 pukul 20.25 delete

misalkan saja nih ya, misal lho...tidak harus.
subyek pesan: cerpen/puisi/opini+judul
Dibadan pesan, tulis pengantar,
salam
bersama ini saya kirimkan bla..bla..bla..
....
untuk naskah artikelnya dilampirkan.
naskah itu sekaligus memuat biodata dan nomor rekening.
____________
salam karya

Reply
avatar
Anonim
15 Januari 2012 pukul 09.47 delete

oh..
gtu..
terima kasih ya..

Reply
avatar
Anonim
15 Januari 2012 pukul 15.14 delete

thanks info nya, tapi sebelumnya ada yang nyaranin langsung ngasih no rekening, tapi ko rasanya ga enak ya, kalu hanya alamat lengkap tanpa no rekekning kira-kira ga apa-apa ya?

Reply
avatar
16 Januari 2012 pukul 09.34 delete

no rek. langsung dicantumkan nggak apa-apalah....
redaktur tentu memaklumi...
salam

Reply
avatar
Anonim
16 Februari 2012 pukul 15.11 delete

Ass....
mas saya punya cerpen ttg kisah TKW,menurut mas saya bisa kirimkan ke redaksi mana yang sekiranya peduli dgn TKW ya? tentunya mas sangat berpengalaman, pls infonya sekalian alamat redaksinya ya. Sukron

Reply
avatar
18 Februari 2012 pukul 07.52 delete

Tuan Anonim, untuk cerpen tema TKW, sebenarnya bisa dikirim ke mana saja, kalau cerpen itu baik menurut redaktur bisa saja dimuat. Untuk koran biasanya cenderung menyukai cerpen yang kontekstual, Majalah juga, meski tidak semuanya. kalau kebetulan isu TKW sedang naik, maka cerpen tema TKW mungkin lebih berpeluang dimuat, tetapi sekali lagi kualitas karya tetap diperhitungkan. salam

Reply
avatar
25 Maret 2012 pukul 18.35 delete

Jadi pengen ngirim nih, harus menggali ide lebih dalam lagi nih

Reply
avatar
Siska Aryani
27 Maret 2012 pukul 09.43 delete

Alhamdulillah, ada juga orang seperti anda yang berbaik hati mau membagikan info penting terhadap orang lain, semoga Anda diberi rezeki yang berlipat ganda dan tulisan anda lebih banyak dimuat. Amin.

Reply
avatar
27 Maret 2012 pukul 14.52 delete

Mas Jusuf, infonya sangat berharga lho... bermanfaat banget. boleh izin share / copas kan? tentunya dengan tetap mencantumkan sumbernya http://semuaguru.blogspot.com. ^_^

Reply
avatar
28 Maret 2012 pukul 10.37 delete

@siska: Amin..amin (agak keras dan menekan) :)
@Irham: terimakasih, Gus. Monggo kerso kalo mau share. dengan senang hati. semoga tambah manfaat...

Reply
avatar
evi
3 April 2012 pukul 13.16 delete

assalamu'laykum
situsnya bagus, infonya bagus dan bermanfaat.
i like it

Reply
avatar
Anonim
4 April 2012 pukul 11.43 delete

Siip banget tulisannya, nais inpoh

Reply
avatar
Anonim
4 April 2012 pukul 11.54 delete

kalo horison alamatnya bener yang horisoncerpen@gmail.com???

Reply
avatar
4 April 2012 pukul 12.15 delete

@anonim; yups...itu dia alamatnya.

Reply
avatar
Anonim
8 April 2012 pukul 07.47 delete

assalamu'alaykum
mau tanya pak. cara ngirim naskah cerpen, puisi atau yang lainnya bagaimana?
apakah langsung ngirim naskah ke email redaksi atau basa basi dulu, dan bertanya apakah naskah kita bisa diterima?
mohon masukannya pak.
terimakasih sebelumnya

Reply
avatar
8 April 2012 pukul 14.40 delete

langsung dikirim saja ke email redaksi.
mungkin cuma perlu pengantar sedikit di badan email, lalu... "semoga karya tersebut bisa dimuat." atau kalimat semacam itu.

Reply
avatar
Anonim
8 April 2012 pukul 20.02 delete

oh iya. maksih banyakk. :)

Reply
avatar
Anonim
9 April 2012 pukul 09.11 delete

Mas, sya mau nyak ni, kalo cuman satu atau dua puisi saja itu diterima nggak oleh penerbitnya ?
n jika puisi saya tidak diterima atau diterima apakah redaksi akan kasih kabar kesaya atau tidak ??
Mohon bantuannya mas,
makasih

Reply
avatar
9 April 2012 pukul 12.34 delete

unutuk awal-awal minimal 6 puisilah..
dua puisi sedikit sekali.. 6 puisi pun belum tentu dimuat semua. redaktur biasanya akan memilih yang terbaik dan sesuai halaman yang tersedia.
kl naskahmu tidak layak terbit ada redaktur memberitahukan dan banyak yang tidak.
maka, sering-sering cek versi cetaknya/lewat websitenya.

Reply
avatar
Anonim
10 April 2012 pukul 08.46 delete

ooooo...
minimal 6 y ..
jadi gmn dengan cerpen ??
minimal juga 6 ????

Reply
avatar
10 April 2012 pukul 10.02 delete

hemmm...
satu sajalah kl cerpen.

Reply
avatar
16 April 2012 pukul 23.50 delete

Klu koran Harian Analisa di Medan kira2 tau gak honor /artikelnya mas..??

Reply
avatar
25 April 2012 pukul 23.34 delete

slm knal Pak...
Seandainya sya sudah krm cerpen ke koran A. Ternyata tdk ada pmberitahuan kalo tdk dimuat. Lantas cerpen tsb sya krm ke koran B.
Nah... itu hukumnya bgmn, Pak?

Khoirul N.

Reply
avatar
abd
27 April 2012 pukul 20.58 delete

Terimakasih infonya..., dan jika boleh postingkan tip menulis opini dan cerpen yang baik

Reply
avatar
28 April 2012 pukul 07.24 delete

@ferry: wah, ane kurang tahu, Mas.
@Nur Banin: boleh saja Mbak, tapi ditunggu dulu minimal 3 minggu. mungkin juga dimuat, tetapi kita tidak diberitahu. salam

Reply
avatar
24 Mei 2012 pukul 18.33 delete

Mass mw nnyak niii
Klw mislnya crpen kta dah di muat tpi msih via online dn mnggu dpan akn di publikasikan...
Bgaimna dgn honornya?
Apkh tu tdk di byar, krna ni kli prtmnya sya mngirim ke redksi tu dn dtrima. Tpi smpai saat ni tdk ad bcra tntg hnor

Reply
avatar
30 Juli 2012 pukul 09.42 delete

very good job brother
mantaff

www.hendriklim.com

Reply
avatar
30 Juli 2012 pukul 09.43 delete

very good
mantap bro
salam
hendrik lim
www.hendriklim.com

Reply
avatar
3 September 2012 pukul 09.43 delete

Pak, terima kasih untuk infonya. Ini masih valid kan pak sampai sekarang? Terima kasih.

Reply
avatar
5 September 2012 pukul 11.57 delete

Info nya sangat bermanfaat pak :D
jadi semangat nulis lagi :)
terimakasih info nya ^^
salam kenal :)

Reply
avatar
28 Oktober 2012 pukul 07.45 delete

artikel yg bagus ulasannya mas, dan ini yg saya cari selama ini karena ulasannya cukup detail dan juga kalau bisa sekalian bagi teman2 yg suka dengan film box office ampe blu silakan kunjungi situsnya ya, karena itu terima kasih buat admin disini juga dan keep blogging he, makasi gbu

Reply
avatar
10 November 2012 pukul 22.17 delete

mau nanya Pak. untuk email yg jawa pos itu apakah benar masih valid dn merupakan yang terbaru,untuk email sastra@jawapos.co.id. terima kasih..
salam kenal infonya bermanfaat sekali :)

Reply
avatar
12 November 2012 pukul 22.08 delete

@diaz: nah, itu dia. email kirim tulisan untuk koran memang selalu ganti2. terimakasih sudah mengingatkan. kabarnya, mas Arief Santoso sudah kembali lagi ke JP dan mengasuh rubrik budaya dan resensi. jadi emailnya mungkin kembali ke ariemetro@yahoo.com.

Reply
avatar
14 November 2012 pukul 14.34 delete

makasi infonya ya ^^ saya masih murid, jd makin semangat buat nulis ^^

Reply
avatar
15 November 2012 pukul 05.50 delete

Kemarin saya kirim ulasan tentang fenomena suro ke media Indonesia, pemberitahuan dimuat atau tidaknya sampai berapa hari ya? Tanggal 12 November saya juga mengulas suro dengan tulisan yang berbeda ke jawapos, kapan media tsb memberitahukan bahwa artikelnya dimuat? kalo tidak dimuat, apa ada pemberitahuan jg ya Pak?

Reply
avatar
15 November 2012 pukul 22.18 delete

@Miss Terios, sebaiknya anda cek korannya langsung, untuk memastikan dimuat atau tidak. Redaktur tidak selalu (dan bisa dikatakan sering) memberi tahu apakah karya kita dimuat atau tidak. atau bisa melalui e-pappernya, ini untuk Media indonesia. JP juga ada e-pappernya tapi berbayar.

Reply
avatar
27 April 2013 pukul 14.02 delete

wah,infonya sangat bermanfaat :D
main ya gan ke tempat ane
ardirahman.blogdetik.com

Reply
avatar
28 April 2013 pukul 00.33 delete

terimakasih kunjungannya, mas Ardi.

Reply
avatar
13 Mei 2013 pukul 14.27 delete

bang, kalau menulis satu puisi / cerpen lalu di kirimkan ke beberapa alamat di atas itu boleh nggak?

Reply
avatar
18 Mei 2013 pukul 18.39 delete

mas, e-mail yg aktif untuk jawa pos sekarang apa ya?
visit yuk sabilaaf.blogspot.com ^^

Reply
avatar
18 Mei 2013 pukul 22.11 delete

email yang tercantum di atas yang aktif.

Reply
avatar
18 Mei 2013 pukul 22.12 delete

coba baca komen2 di atas. sepertinya pernah dijawab.

Reply
avatar
19 Mei 2013 pukul 14.50 delete

mas, saya mau ngirim buku puisi karya saya,
alamat email terbarunya apa ya..?

Reply
avatar
27 Mei 2013 pukul 10.46 delete

info yang langka...
sekedar nambah...untuk mengetahui tulisan di rubrik Opini dan Gagasan Jawa Pos bisa dicek di http://m.jawapos.com/opini

Reply
avatar
Anonim
13 Juni 2013 pukul 14.57 delete

mw tnya meh mas, ql karangan qt d trima,,
bagaimana dgn honornya?
apakah ada pemberitauan atau begaimana??
tolong d bantu ya mas

Reply
avatar
Anonim
19 Juni 2013 pukul 17.12 delete

saya mau menanyakan bagaimana kita mengetahui kalo opini kita diterbitkan dikoran ato majalah??
trus masalah honor nya gimana?? ditransfer atau gimn??
mohon penjelasan thanks.......

Reply
avatar
Anonim
26 Juni 2013 pukul 07.33 delete

Mas,sayakan masih pelajar,dan tdak punya no rekening,trus klo mw ngirim karya,llu di muat,honornya di kirim dr mana dong?

Reply
avatar
27 Juni 2013 pukul 20.17 delete

bisa pakai rekening bapaknya, atau saudara anda. beberapa media juga mengirimkan honor lewat wesel pos.

Reply
avatar
28 Juni 2013 pukul 12.44 delete

makasih infonya Kak, sangat bermanfaat. izin copas ya :)

Reply
avatar
30 Juni 2013 pukul 11.03 delete

kak, kalo ngirim artikel ke kompas honornya berapa ya? trus biasanya dikirim lewat apa honornya?

Reply
avatar
30 Juni 2013 pukul 22.42 delete

di atas sudah ada rincian honor kompas. biasanya kirim lewat transfer bank!

Reply
avatar
Anonim
3 Juli 2013 pukul 15.16 delete

saya mau tanya , kalau karya yang sudah dimuat kita bisa tau dari mana yah ? makasih

Reply
avatar
Anonim
9 Juli 2013 pukul 12.39 delete

Salam kenal. Manfaat banget infonya. Ijin copas ya pak.

Reply
avatar
Ami
10 Juli 2013 pukul 10.13 delete

makasih banyak ya kak, bermanfaat banget. :D

aku mau nanya. kalau misalnya kita mau ngirimin karya berupa komik atau karikatur, gimana?
soalnya ada beberapa koran yang komik dan karikaturnya dikit, bahkan gak ada. misalnya aja padang ekspress.
kalau aku bisa kirim karya secara rutin kan, bagus.

Reply
avatar
Anonim
11 Juli 2013 pukul 08.55 delete

Thanks atas share infonya.Moga kian barokah dan manfaat

Reply
avatar
11 Juli 2013 pukul 12.21 delete

saya mau nax setiap saya kirim kealamat2 diatas pasti balasannya selalu fulure notice dari mielerdaimon@yahoo.com #klog'slh. Aku kirimnya lewat 'lampirkan file' aku udah coba yg .rtf txt. Doc. Tapi tetep sma jawabannya. Terus kalo' langsung copy paste tulisannya juga jawabannya sama. Itu kenapa yah?? Mohon jawabannya lewat fb(evit juwita) atau tweet(99_21ok) terimakasih mohon blsannya pliss karna butuh banget alasannya

Reply
avatar
11 Juli 2013 pukul 14.31 delete

wah, itu saya tidak begitu tahu. tapi bisa jadi karena email penerima tidak lagi terpakai atau penuh. tapi masa' alamat-alamat email di atas sebagaimana anda katakan. saya sudah mencoba banyak email dan tetap terkirim. ohya, anda kirim ke email apa, boleh tahu? atau coba anda ganti email baru. siapa tahu kemudian bisa berhasil. tx

Reply
avatar
18 Agustus 2013 pukul 18.07 delete

Saya mau nanya nih. Majalah Horison menerima kiriman Cerpen Anak nggak?
Kalau bisa, tolong kasih tahu Media yang menerima Cerpen Anak.
Oh iya, Jurnal Nasional websitenya apa ya?

Salam,

Reply
avatar
Anonim
21 Agustus 2013 pukul 22.57 delete

Wew! Infonya lengkap banget nih. Izin copas, Mas, buat disimpen di folder. Biar kalo mau ngirim tinggal tengok. Hheee...

Reply
avatar
11 September 2013 pukul 09.17 delete

menyesal baru bisa membaca blog ini,,
sangat bermanfaat buat saya . terimakasih

Reply
avatar
16 September 2013 pukul 22.20 delete

Horison tidak menerima cerpen anak. untuk ruang Kaki langit menerima karya guru dan siswa SLTA. banyak kok yang mau menampung cerita anak. Kompas, KR, solopos, majalah bobo, Suara merdeka, dll. jurnas ada di www.jurnas.com

Reply
avatar
16 September 2013 pukul 22.21 delete

sebenarnya masih belum begitu lengkap sih. ya silahkan, semoga bernamfaat.

Reply
avatar
16 September 2013 pukul 22.22 delete

ah, biasa saja Mbak Ristiana. sama-sama ya

Reply
avatar
20 September 2013 pukul 11.40 delete

mas apa alamat-alamat email buat ngirim cerpen itu ada pembaruan untuk sekarang ? tolong info alamat email terbarunya ya mas, makasih :)

Reply
avatar
20 September 2013 pukul 11.40 delete

mas apa alamat-alamat email buat ngirim cerpen itu ada pembaruan untuk sekarang ? tolong info alamat email terbarunya ya mas, makasih :)

Reply
avatar
20 September 2013 pukul 20.06 delete

ini terakhir di update tgl 27 april, dan sejauh ini, setahu saya, belum banyak yang berubah. kalau pun ada, mungkin hanya satu dua. dan saya tidak tahu. tx

Reply
avatar
20 September 2013 pukul 20.06 delete

ini terakhir di update tgl 27 april, dan sejauh ini, setahu saya, belum banyak yang berubah. kalau pun ada, mungkin hanya satu dua. dan saya tidak tahu. tx

Reply
avatar
21 September 2013 pukul 12.36 delete

ehm iya makasih ya mas, oh iya format ngirimnya gimana ya mas ? cerpennya dalam bentuk MS.Word? terus apa aku harus ngelampirin biodata juga ?

Reply
avatar
4 November 2013 pukul 16.01 delete

bisa minta tolong._.? saya ingin mengiim cepren saya ke alamt email yg tertara, kok kgk ada yg ngebalas? apa ada perubahan email? tolong dibantu

Reply
avatar
4 November 2013 pukul 20.58 delete

Jarang, sangat jarang, redaktur/sekretariat media yang membalas kiriman email dari para penulis. Jadi bukan berarti emailnya sudah tidak berlaku.

Reply
avatar
4 November 2013 pukul 22.59 delete

Saya mau tanya, kalau tulisan yang kita kirim ke media-media di atas itu boleh ga kita posting juga di blog pribadi kita? mohon jawabannya, terimakasih :)

Reply
avatar
4 November 2013 pukul 23.31 delete

@anna: alangkah baiknya tidak diposting dulu. setelah dimuat barulah kita bisa memostingnya...

Reply
avatar
10 November 2013 pukul 17.54 delete

Maaf mas, e-mailnya jawa pos yg sastra@jawapos.co.id apa masih berlaku?
Kalau tidak, apa alamat e-mailnya yg masih aktif?

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 14.14 delete

mas mau nanya kalau mengirim opini di koran republika itu apa aj yang biasanya di cantumkan di dalam opinbi tersebut

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 18.02 delete

maaf,kmarin aku ada telfon dari kompas,tapi kata sekertaris ndak dapet honor,aku kan blom tau sebelumnya dapet honor apa enggak,ternyata di blog tmn2 yng crita ada honor,,
setelah nomor tlfon yang kmaren hubungi aku hubungi lagi ndak di angkat,ndak jelas pokoknya,,!!

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 22.44 delete

untuk cerpen, puisi, resensi, dan ruang putih jawa pos, bisa kirim ke ariemetro@yahoo.com. setahuku itu, karena redakturnya kembali dipegang mas arief santoso.

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 22.46 delete

naskah Opini, dibawahnya cantumkan biodata singkat narasi, dan nomor rekening. kalau perlu lampirkan foto.

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 22.49 delete

wah, saya kurang tahu apakah ada opini kompas yang tidak ada honornya. setahu saya opini biasanya dapat honor. coba telpon lagi, bisa ganti telpon yang lain, trus minta disambungkan ke bagian keuangan.

Reply
avatar
11 November 2013 pukul 23.24 delete

kirim cerpen atau resensi buku Jawapos bisa pula ke email ini: ari@jawapos.co.id

Reply
avatar
14 November 2013 pukul 17.17 delete

mas, buat ngirim opini di lampung post emailnya yang mana yang valid, soalnya ada 1 yang tidak valid

Reply
avatar
17 November 2013 pukul 15.25 delete

kalo ngirim ke media massa di atas memang harus disertakan nomor rekeningnya juga ta?

Reply
avatar
18 November 2013 pukul 18.06 delete

thanks ya sharenya, saya masih pemula jadi membantu banget. saya mau tanya, kalo ngirim naskah itu emangnya cuma ngirim naskah doang atau sama data-data diri juga? kaya nama, alamat,no.hp, atau no.rek gitu? tolong dijawab ya :) thanks before

Reply
avatar
19 November 2013 pukul 22.22 delete

@furqon, @Chang: iya, sertakan nomor rekening juga untuk pengiriman honor jika tulisan kita dimuat. dibawah naskah (masih satu file) sertakan juga biodata diri dalam bentuk narasi sekalian nomor rekeningnya.

Reply
avatar
26 November 2013 pukul 09.31 delete

kalo gak ada nomor rekening gak bisa dapet honor nya
ya mass?? soal nya disini masih minim atm,, adapun lokasi nya jauhh,,

Reply
avatar
29 November 2013 pukul 13.49 delete

lw mw ngirim puisi k majalah gmna cara ny ea..?

Reply
avatar
17 Desember 2013 pukul 19.11 delete

caranya kurang ngerti...
heheheheh

Reply
avatar
24 Desember 2013 pukul 10.20 delete

terus itu cara ngirim di kompas gimana. aku bingung.

Reply
avatar
24 Desember 2013 pukul 11.13 delete

gimana ini cara ngirimnya di kompas & tempo....
bingung banget aku...

Reply
avatar
24 Desember 2013 pukul 17.03 delete

mau tanya bang,
resensi buku untuk suara pembaruan n koran jakarta terbit tiap hari apa ya?
trimakasih.

Reply
avatar
25 Desember 2013 pukul 09.21 delete

@inna: ya sama saja caranya dengan ngirim ke media lain.
@surya: kalau tidak salah sabtu atau minggu.

Reply
avatar
7 Januari 2014 pukul 11.08 delete

kalau gak pake kata pengantar itu gimana? saya sudah mengirim beberapa kali namun tidak mencantumkan kata pengantar :( lupa

Reply
avatar
9 Februari 2014 pukul 15.10 delete

numpang tanya, nomor rekening langsung disetakan saat mengirim atau tidak ya?

Reply
avatar
11 Februari 2014 pukul 12.59 delete

maaf mas, untuk email2 tersebut masih aktif sampai sekarang??

Reply
avatar
1 Maret 2014 pukul 09.19 delete

mas email nya da vailid sy mt email yg baru donk tuk ngirim opini ny,

Reply
avatar
5 Maret 2014 pukul 06.06 delete

mas saya sudah kirim beberapa email. ada beberapa email yang sudah gak aktif. terima kasih atas infonya mas.. salam kenal

Reply
avatar
16 Agustus 2014 pukul 23.01 delete

iya, disertakan dalam satu file. jadi urutannya begini: karya (cerpen, puisi, opini, atau apalah), biodata, nomor rekening. tidak perlu sungkan atau malu. redaktur sudah paham dan maklum kok.

Reply
avatar
6 September 2014 pukul 14.47 delete

terima kasih! bermanfaat sekali!

Reply
avatar
16 September 2014 pukul 14.13 delete

terimakasih infonya, bermanfaat sekali.

Reply
avatar
29 September 2014 pukul 15.32 delete

makasih ya kak buat infonya yang sangat membantu

Reply
avatar
26 Oktober 2014 pukul 11.58 delete

terimakasih infonya, sangat membantu :)

Reply
avatar
24 November 2014 pukul 15.13 delete

Sangat bermanfaat. Klu jurnal hasil PTK guru ngirimnya kemana ya.mohon info alamat. Dan cara mrengirim. Kalau bisa yang di jogja. Trmksh

Reply
avatar
18 Desember 2014 pukul 17.19 delete

apakah jika ada yang menawarkan metode menulis di rubrik koran dengan iming penghasilan dan harga tertentu, apakah itu penipuan?
soalnya saya perlah baca iklannya di koran

Reply
avatar
21 Januari 2015 pukul 03.33 delete

maksimal berapa lama diterima honornya?

Reply
avatar
9 Maret 2015 pukul 10.15 delete

Terimakasih, Pak, infonya. Saya ingin bertanya, kalau jumlah karakter, kata, margin, spasi, untuk cerpen di koran2 umunya berapa ya, Pak? Disimpannya dlam bentuk RTF atau bagaimana? Terimakasih. :)

Reply
avatar
9 Maret 2015 pukul 10.16 delete

Terimakasih, Pak, infonya. Saya ingin bertanya, kalau jumlah karakter, kata, margin, spasi, untuk cerpen di koran2 umunya berapa ya, Pak? Disimpannya dlam bentuk RTF atau bagaimana? Terimakasih. :)

Reply
avatar
26 Maret 2015 pukul 08.31 delete

mau tanya mas, untuk alamat kompas apa yang opini@kompas.com masih aktif ?

Reply
avatar
1 April 2015 pukul 15.53 delete

assalamu'alaikum....mhon ma'af mau tanya,,,,untuk format pengiriman seperti apa ya? maksud saya mengenai identitas penulis dan tulisannya.....minta tolong untuk contonya ....soalnya saya masih pemula.....terimakasih

Reply
avatar
7 April 2015 pukul 05.36 delete

Maaf pak , apakah emailnya itu sekarang masih valid ? Kalau tidak, apa saja ?makasih

Reply
avatar
9 April 2015 pukul 19.43 delete

format pengiriman. Ini sekadar contoh saja. Tidak baku ya. Misal anda mau kirim cerpen, di subyek anda tulis: "Cerpen: Judulnya apa"
Kemudian di badan email anda kasih kata pengantar. Misal...

Kepada Redaktur Sastra Tintaguru

Salam
Bersama ini saya kirimkan sebuah cerpen dengan Judulnya Apa. Semoga bisa layak muat untuk tintaguru. demikian dan teirmakasih.

hormat saya
Ririn

- lalu file cerpen anda dilampirkan. Sekali lagi dilampirkan, bukan ditempelkan di badan email. lalu, tinggal send.
semoga membantu

Reply
avatar
9 April 2015 pukul 19.45 delete

spasi umumnya 1,5. margin standar aja sih ya. karakter sekitar 5000-10000. ada juga sih yang mau memuat cerpen panjang. tempo misalnya. formatnya doc atau RTF juga bisa.

Reply
avatar
9 April 2015 pukul 19.47 delete

InsyaAllah sebagian besar masih valid.

Reply
avatar
15 Mei 2015 pukul 16.48 delete

thanks infonya,, sangat bermanfaat :) tapi klo tanpa kata pengantar bisa gak ya?

Reply
avatar
24 Juni 2015 pukul 07.57 delete

Alhamdulillah, sangat membantu para pemula. Kalau boleh share, format kata pengantar seperti apa ya? terimakasih..

Reply
avatar
1 Agustus 2015 pukul 23.01 delete

File yg dilampirkan tsb dalam bentuk ms.word atau pdf ya mas? Terimakasih

Reply
avatar
15 September 2015 pukul 21.25 delete

Maaf, mau bertanya misal kita mau mengirim karya kita. nah itu sebelumnya konfirmasi dulu apa langsung mengirim ke email2 tersebut?
Terimaksih.

Reply
avatar
18 September 2015 pukul 19.31 delete

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sastra, menurut saya studi mengenai sastra merupakan ilmu yang
menarik juga banyak hal yang bisa dipelajari di dalam pembelajaran bahasa.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai beberapa sastra
yang bisa anda kunjungi di Dunia Sastra

Reply
avatar
29 Oktober 2015 pukul 10.48 delete

Mas guru alamat email radarmojokerto apa? saya gk nemu2

Reply
avatar
7 April 2016 pukul 22.39 delete

maaf pak guru ..setelah beberpa kali saya kirim puisi ke beberapa redaksi yang ada di atas ternyata banyak yang tidak valid itu terlihat dari balasan email saya termasuk tempo , suara merdeka ...

Reply
avatar
Anonim
3 Agustus 2016 pukul 14.10 delete

bagimana pengambilan honor selain melalui atm??
masih adakah yang dikirim melalui wesel dll
gg punya atm nih

Reply
avatar