Kehebatan dan Kemudahan Aplikasi Raport K13 Buatan Pak Mukhtar

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 merupakan makhluk yang cukup asing bagi saya, terlebih bagi guru-guru yang selama ini jarang bersentuhan dengan komputer. Jika dulu, guru-guru mengolah nilai secara manual, kadang-kadang dibantu kalkulator, dan kadang pula sekadar di angan-angan, maka kini, khususnya di sekolah kami, guru-guru dituntun bisa menggunakan program aplikasi pengolah nilai dan raport.

Untungnya di sekolah kami ada salah seorang guru yang ahli dalam membuat aplikasi. Namanya, Mukhtaruddin, S.Ag. Ketika masih duduk di bangku MTs, beliau adalah guru saya, dan kini beliau tetaplah guru saya, hanya saja kami kini duduk dalam satu kantor yang sama. (Update: Pak MUkhtar sekarang menjawab sebagai Pengawas Sekolah di Kemenag Wonosobo). Jika banyak sekolah kebingungan dan mencari aplikasi raport ke sana kemari, untuk mencari aplikasi raport gratis dan ada yang membeli, maka maka sekolah kami tidak. Maksudnya, tidak sepenuhnya kebingungan. Penilaian otentik kurikulum 2013 memang cukup membuat kami bingung, terlebih lagi, (bayangkan) kami belum pernah mengikuti seminar atau diklat berkaitan dengan konsep, teori, dan praktek penialaian K13.

Kehebatan dan Kemudahan Aplikasi Raport K13 Buatan Pak Mukhtar

Akhirnya, mau tidak mau, pihak madrasah berinisiatif mengadakan pelatihan sendiri, dengan pembicara atau tutor dari guru kami sendiri. Tentu saja ini tidak sepenuhnya menghilangkan kebingungan kami. Diklat tersebut tidak untuk membahas tentang konsep penilaian K13, tetapi hanya berkutat pada bagaimana teknik pemanfaatan aplikasi penilaian dan raport yang sudah dibuat oleh Pak Mukhtaruddin. Itu saja sudah membuat banyak guru puyeng. Puyeng, mumet, pusing, itu wajar saja, dan justru menandakan bahwa kami punya pikiran ke sana. (Download juga: Download Software Analisis Soal)

Di internet memang sudah banyak beredar aplikasi raport K13 baik yang gratis maupun yang free, eh maksud saya yang berbayar. Tetapi masih agak sulit untuk menemukan aplikasi raport untuk MTs, dan MA. Alhamdulillah, saya dan rekan-rekan sudah menjajalnya.

Apakah anda ingin juga menjajal kehebatan dan kemudahan aplikasi raport Pak Mukhtar ini? Silakan.

Download Aplikasi Raport Madrasah Kurikulum 2013

download software pengolah nilai

Sebenarnya, bukan hanya madrasah (MI, MTs, MA) yang bisa menggunakan aplikasi ini. SD, SMP, SMA juga bisa. Itu bisa diatur. 

Ah, saya kira, postingan ini agak terlambat, karena semiggu lagi sudah penerimaan raport. Terlebih lagi, Kemdikbud mengajak agar sekolah yang baru 1 semester menjalankan K13, termasuk sekolah kami, harus stop dulu dan kembali ke KTSP. Tetapi tak apa. Jika anda tidak tertarik untuk mendownload aplikasi juga tak masalah. Saya ingin menulis maka saya menulis. Dan yang penting, software raport dan pengolah nilai ini bisa digunakan untuk KTSP juga, tidak hanya kurikulum 2013. (Lihat  juga: Download Buku Pelajaran Kurikum 2013 untuk MI, MTs, MA)

Berikut adalah Penampakan Aplikasi Raport buatan Pak Mukhtar

aplikasi raport k13

berikut ini tampilan lama aplikasi raport. sekarang sudah diperbaharui seperti di atas. lebih lengkapnya silakan download dengan sekali klik dibagian paling bawah postingan ini.

aplikasi raport K13

raport kurikulum 2013

Jika anda sudah download aplikasi raport tersebut, tentu anda tidak perlu gambar-gambar tersebut. Nah, di dalamnya, saya hanya memberikan contoh aplikasi raport yang sudah saya isi. Karena saya adalah wali kelas VIII MTs maka, saya tidak hanya mengisi kolom nilai pengetahuan, sementara untuk nilai sikap dan keterampilan saya biarkan kosong. 

software pembuat raport

sofware pengolah nilai

Seandainya, saya mengisi semua kolom nilai dalan software pengolah nilai ini, maka kolom nilai keterampilan dan sikap akan terisi secara otomatis. 

Apa saja kelebihan Aplikasi Raport buatan Pak Mukhtar

1. Bisa digunakan untuk Raport KTSP dan K13

2. Mudah dalam penggunaannya

3. Ada petunjuk untuk memudahkan penggunaannya

4. Dan masih banyak lagi.


Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Aplikasi raport buatan Pak Mukhtar juga memiliki kelemahan. Menurut saya, kelemahannya cuma satu, yaitu ketika di save, kadang-kadang gagal atau error, yang mengakibatkan microsoft exel restart. Jika menggunakan komputer (PC), atau laptop besar yang memiliki RAM tinggi, gagal save ini jarang terjadi. Cara mengatasi ini adalah dengan menyeting Microsoft Exel untuk save otomatis setiap 5 menit atau 3 menit sekali.

Berikut adalah beberapa penampakan aplikasi nilai K13 made in Mr. Mukhtaruddin.
aplikasi nilai otomatis


Ohya, aplikasi raport ini tidak lengkap tanpa adanya aplikasi nilai. Kelemahan dan kelebihan aplikasi nilai ini juga sama. Nah, dari aplikasi pengolah nilai inilah yang nantinya tinggal di copy paste di aplikasi raport. Satu kelas, satu file. Jadi, jika anda mengajar Fiqih kelas VIII A-VIIIH seperti saya, maka ada 8 file untuk nilai mapel fiqih kelas VIII. Nilai inilah yang kemudian kita serahkan kepada wali kelas untuk dimasukkan dalam aplikasi raport. Tetapi, akan sangat repot jika setiap Wali kelas VIII kita beri filenya satu-satu. Maka, kita perlu managemen agar tidak repot.

Download Aplikasi Nilai Kurikulum 2013

download aplikasi raport kurtilas
klik di sini untuk download aplikasi raport dan pengolah nilai
Di sekolah kami, untuk memudahkan hubungan antara guru mapel dan wali kelas, ditugaskanlah seorang operator dari oknum guru untuk menampung semua nilai dari guru mapel. Setelah semua nilai terkumpul, barulah guru mapel meminta data nilai kelas untuk semua mapel.

kata kunci:
raport kurikulum 2013 mts
aplikasi raport kurikulum 2013 mts
aplikasi raport kurikulum 2013 untuk mts
format raport kurikulum 2013 mts
aplikasi raport K13 mts
contoh raport mts kurikulum 2013
model raport mts kurikulum 2013
aplikasi raport mudah digunakan

Demikianlah. Anda boleh membantah apa yang saya tulis setelah anda menjajal kehebatan aplikasi raport dan nilai buatan Pak Mukhtar ini. Tidak hanya membantah, atau tetapi anda juga boleh kok urun saran, atau memberi masukan untuk memperbaiki aplikasi raport kurikulum 2013 ini. salam
-----------
Catatan: Jika masih bingung cara penggunaannya, silahkan tanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »