Refleksi dan Tanggapan untuk Pengunjung Blog Tinta Guru

Salam
Alhamdulillah, Blog Tintaguru.Com mendapatkan respon yang baik dari para pengunjung. Hingga Akhir Juli Pageviews all time history atau semua halaman yang dibuka di blog ini sudah hampir mendekati angka 900 ribu. Saya kira ini bukan angka yang sedikit. Jika blog ini diibaratkan sebuah buku, maka sudah 900.000 sudah halaman terbuka.
pengunjung tintaguru
Selian dari sisi pengunjung dan halaman yang terbuka, berbagai respon juga telah kami dapatkan. Selain lewat komentar, saya mendapatkan beberapa tanggapan melalui email, bahkan telpon dan SMS.

image
Memang untuk konsisten rutin posting di blog bukanlah sesuatu yang mudah, sungguh. Saya akui, kadang-kadang saya merasa kesulitan untuk membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga, dan ngeblog. Maka, begitulah, kadang-kadang dalam sebulan saya dapat memposting lebih dari 5 artikel, tapi kadang cuma 2 artikel. Posting yang tidak rutin ini sebenarnya kurang bagus, terutama di mata google, karena bisa mengurangi hilangnya berbagai kata kunci di google yang kemudian berakibat pada menurunnya visitor (pengunjung). Tapi yang paling penting bagi saya bukan sekadar posting. Saya selalu mencoba untuk memosting hal-hal yang berguna, dan lebih utama lagi adalah postingan tersebut adalah karya ORIGINAL, bukan COPAS.
Hem, malah jadi curhat. Oke, berikut saya tampilkan email yang saya terima dari pembaca blog ini:
email pengunjung tintaguru
Ini juga email dari pengunjung yang lain:
email untuk tintaguru

Tadi siang saya juga mendapatkan telepon dan sms dari pengunjung blog ini. Seorang yang mengaku sebagai teman seprofesi dari Bojonegoro Jawa Timur, ingin memanfaatkan slide-slide pembelajaran yang saya share di slideshare.net. Tetapi ia tidak bisa mendownloadnya dan kemudian minta dikirim ke emailnya.
Sebenarnya, semua file dan posting di blog ini bisa didownload, tidak ada yang saya kunci. Selain itu posting-posting saya di blog juga bisa dishare ke publik atau diposting ulang di blog. Asalkan dengan tetap mencantumkan sumber blog ini.
Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara download file-file di slideshare.net , silahkan anda daftar (Sign Up) dulu di web tersebut. Setelah anda terdaftar kunjungi kumpulan slide yang sudah saya upload di sana: Kumpulan Slide Pembelajaran Fiqih Kelas VII-IX.
New Picture (2)

Misal, kalau anda ingin mendownload slide Bab Jual Beli, tinggal klik halaman tersebut, lalu klik save.
image Tunggu sebentar, nanti anda akan muncul halaman berikut.
image
Anda tinggal simpan ke folder yang anda inginkan.
Semoga kedepan saya lebih dapat meluangkan waktu untuk banyak berbagi melalui media ini. Terakhir, saya hanya berdoa, semoga blog ini dapat bermanfaat, dan menjadi amal jariyah yang tidak terputus pahalanya meskipun saya sudah mati.
Terimakasih.
Salam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »