Membaca yang Efektif

Perlu diketahui bahwa membaca juga membutuhkan sikap yang baik. Membaca tidak boleh asal-asalan jika tidak ingin apa yang kita baca menjadi angin lalu. Untuk bisa membaca yang efektif maka kita harus menumbuhkan sikap sewaktu membaca. Tentang itu Hernowo (2001: 68) telah merumuskannya dengan baik:

1. Sabar.

Kesabaran diperlukan saat membaca karena bila tergesa-gesa dalam memaknai suatu gagasan, bisa jadi kesimpulannya salah.

2.Telaten.

Ketelatenan memungut makna-makna yang tersebar di sepanjang halaman buku kemudian mengumpulkannya dan menghimpunnya amat diperlukan karena kalau tidak telaten akan banyak gagasan yang menguap dan bersembunyi kembali.

3.Tekun.

Ketekunan diperlukan untuk membantu kita menyisir himpunan kata, kalimat, alinea, bab, dan bagian demi bagian yang menyimpan gagasan pokok dan penting untuk diperhatikan.

 4. Gigih.

Kegigihan akan mendorong kamu agar tidak sekali baca sudah ‘mati’. Artinya kamu bisa jadi perlu mengulang pembacaan hingga lebih dari sekali.

 5. Sungguh-sungguh.

Kesungguhan dalam menemukan makna, memahami maksud penulis, dan mengajak pikiranmu memelototi hal-hal menarik dan penting yang disampaikan seorang penulis akan menghadirkan manfaat yang tak terduga (pikiranmu akan menemukan sesuatu yang baru dan segar).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »